Rekomendasi Penginapan di Dieng

penginapan dieng

Tips Memilih Homestay di Dataran Tinggi Dieng

Dieng merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara untuk sekedar liburan atau melakukan penelitian untuk kepentingan pekerjaan. Wisata alam yang begitu indah dipandang mata dan beranekaragam obyek wisata menarik yang bisa anda kunjungi bersama dengan orang tersayang ini tidak cukup hanya satu hari saja, anda perlu menginap untuk bisa mengeksplore semua obyek wisata inti dieng seperti ke Bukit Sikunir yang akan dimulai pada pagi buta pukul 03:00 WIB. Jadi karena tidak semua penginapan homestay memberikan pelayanan terbaiknya maka kami memberikan tips memilih homestay di dieng kepada anda yang akan menginap di homestay, karena dengan menginap di homestay budget yang anda butuhkan tidaklah terlalu tinggi alias murah.

Tips dan alasan menginap di homestay ?

Tips Memilih Homestay DiengKenali dulu kenapa anda memilih menginap di homestay daripada anda menginap di hotel, ada beberapa alasan kenapa wisatawan memilih homestay sebagai tempat bermalam terutama masalah biaya yang lebih murah dari pada harus menginap di hotel. Tapi ada juga yang memilih homestay sebagai tempat menginap karena menginginkan privasi dan lebih leluasa seperti dirumah sendiri dengan cenderung memilih private homestay sebagai pilihan menginap. Jadi apapun alasannya yang terpenting adalah kenyamanan saat beristirahat adalah hal mutlak yang wajib anda dapatkan ketikan menginap di homestay. Berikut tips memilih homestay di dieng yang sudah kami susun untuk memudahkan anda.

Jarak dengan lokasi wisata


Salah satu faktor terpenting adalah jarak menuju ke obyek wisata karena apabila homestay anda jauh dari obyek wisata maka akan memakan waktu lebih dan bisa dibilang membuang waktu anda dengan sia sia. Jadi ketika anda memilih homestay saat ke dieng maka ada dua pilihan tempat untuk menginap yaitu di dekat obyek wisata atau di dekat pusat kota, jika anda memilih di dekat obyek wisata maka homestay yang anda pilih harus lah berada di desa dieng itu sendiri jangan sampai homestay anda berada di desa selain dieng. Opsi kedua adalah berada di pusat kota yaitu di kota Wonosobo, memang jarak dari kota wonosobo menuju ke dieng memakan waktu 40 menit tapi untuk urusan kuliner dan lainnya anda akan mendapatkan lebih dikota wonosobo karena merupakan pusat kota. Sedangkan obyek wisata yang dekat dengan pusat kota wonosobo ada dua yaitu pemandian air panas kalianget dan telaga menjer yang hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dari pusat kota.

Pemanas Air (Water Heater)


Mungkin ini sedikit berbeda ketika anda memilih berlibur dipantai, hal sederhana dengan adanya pemanas air tidak terlalu diperhatikan. Tidak saat anda berwisata ke dieng, anda harus menanyakan apakah di homestay tersedia pemanas air untuk mandi ? Jika iya maka anda bisa memilih homestay  tersebut mengingat di dieng itu merupakan dataran tinggi yang memiliki suhu rendah yaitu dengan rata - rata suhu 10 derajat celcius dan bisa lebih rendah saat malam hari tiba datang menyelimuti bersama dengan kabut lebat. Jika ketika anda menanyakan pemanas air untuk mandi tidak tersedia maka saran kami segeralah untuk mencari homestay yang lainnya.

Dapur


Fasilitas ini merupakan fasilitas yang harus dimiliki oleh setiap homestay, dapur yang layak adalah dapur yang memiliki peralatan lengkap dari kompor, wajan, hingga piring dan gelas. Dengan begitu ketika anda menginap di homestay tidak perlu keluar untuk membeli makan malam karena anda bisa memasak untuk keluarga atau sahabat anda dan menikmati malam penuh dengan suasana yang hangat seperti dirumah anda sendiri. Jadi tanyakan tentang dapur apakah bisa digunakan atau tidak oleh pengelola homestay sebelum anda booking homestay.

Ketersediaan ekstra bed atau bed tambahan


Fasilitas tambahan seperti bed ini juga sangat penting mengingat ukuran bed yang tidak selalu lebar sehingga anda bisa langsung memesan bed tambahan tanpa harus memesan kamar lagi dan bisa lebih menghemat kantong anda.

Penjaga homestay


Hal lain yang tidak kalah penting adalah keberadaan dari penjaga homestay, memang tidak harus penjaga homestay akan tetapi apabila ada yang stay 24 jam akan lebih baik karena kerusakan pemanas air atau hal lainnya kadang bisa terjadi sewaktu – waktu dan kesiapan dari penjaga homestay sangat dibutuhkan. Apabila tidak ada penjaga homestay yang siaga minimal pemilik homestay mudah dihubungi sehingga apabila ada kendala mudah untuk segera dihadle.

Kebersihan homestay


Hal yang wajib dan perlu anda pertimbangkan adalah tentang kebersihan, homestay pada dasarnya harus bersih karena apabila bersih kenyamanan dari wisatawan yang menginap akan lebih terjamin. Jadi cek dahulu sebelum anda melakukan pembayaran kepada pengelola dan lihat secara cermat bagaimana kondisi kamar, view, dan kamar mandi apakah layak dan bersih untuk digunakan tidak, begitu pula dengan lingkungan sekitar apakah kiranya aman dari tindak kejahatan dan sebagainya. Sekali lagi jangan tergiur oleh harga yang murah akan tetapi kebersihan, keamanan, dan kenyamanan anda tidak bisa didapatkan ketika anda berlibur di dieng.

Review dari wisatawan lain


Hal yang tak kalah pentingnya adalah review dari wisatawan yang pernah menginap di homestay tersebut, jika banyak yang mereview positif tentang homestay tersebut maka anda tidak usa menimbang pemikiran anda dan hanya perlu mengecek homestay secara langsung akan tetapi apabila anda banyak menemukan review yang negatif maka lebih baik cari homestay yang lain yang kiranya nyaman untuk istirahat anda bersama dengan keluarga atau sahabat anda.


Itulah mengenai tips memilih homestay di dieng sudah kami tuliskan sehingga kami berharap sebagai agen wisata bisa membantu anda dalam memiilih homestay untuk istirahat saat berwisata ke dataran tinggi dieng yang terkenal akan keindahan alam dan berjuluk Negeri di Atas Awan.
Tips Memilih Homestay di Dataran Tinggi Dieng Tips Memilih Homestay di Dataran Tinggi Dieng Reviewed by Pemandu Wisata Dieng (HPI) on July 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.