Rekomendasi Penginapan di Dieng

penginapan dieng

5 Makanan Khas Dieng Wonosobo Patut di Coba

Jika anda berkunjung ke suatu daerah untuk berwisata tentu salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan adalah berwisata kuliner atau mencicipi makanan yang khas dari daerah wisata tersebut, sehingga perjalanan wisata anda akan lebih berkesan. Begitu pula ketika anda berwisata ke dieng anda patut mencoba makanan khas dari Dieng karena selain perjalanan wisata alam suhu yang begitu dingin akan membuat perut anda sering keroncongan sehingga hal makan akan menjadi kebutuhan wajib anda. Karena itu kami sudah menyusun artikel tentang makanan khas di Dieng yang patut anda coba.

5 Makanan Khas Dieng Wonosobo Patut di Coba


1. Purwaceng


Sebelum kita lanjut tentang makanan kenali dulu minuman khas dari dataran tinggi dieng yaitu minuman purwaceng, tanaman yang memiliki nama pimpinella pruatjan ini hanya bisa hidup di ketinggian lebih dari 2000 mdpl ini mempunyai khasiat yang alami yaitu menambah stamina tanpa efek samping sehingga aman dikonsumsi oleh dewasa ataupun anak – anak. Tanaman purwaceng sendiri tumbuh merambat ditanah, daunnya yang mirip daun stroberi akan tetapi bentuknya lebih kecil ini selain diolah menjadi serbuk purwaceng juga dibuat keripik daun purwaceng sehingga anda bisa menikmati ditemani orang tersayang anda. Varian purwaceng banyak seperti purwaceng rasa kopi, rasa teh, rasa susu dan jika anda tidak suka maka anda bisa mencoba yang rasa original. Untuk mencari minuman purwaceng tidaklah terlalu sulit karena setiap warung atau toko di obyek wisata selalu menjual purwaceng yang bisa diseduh langsung dengan air panas sehingga menghangatkan tubuh anda saat berada di negeri atas awan dieng yang terkenal dengan suhu rendah.

2. Kentang Goreng Dieng


Anda penyuka kentang goreng atau french fries, belum lengkap jika anda belum mencoba kentang goreng dieng, jangan pernah berpikir bahwa kentang goreng dieng memiliki potongan yang kecil –kecil seperti di coffee shop tempat biasa anda nongkrong, karena kentang goreng di dieng mempunyai bentuk besar dan dagingnya yang empuk akan membuat lidah yang mencobanya bergoyang lezat menikmati kentang yang hangat dan baru saja ditiriskan dari penggorengan. Untuk bumbu anda bisa memilih sendiri dengan menambahkan bumbu balado, sapi panggang, pedas ataupun anda bisa menambahkan saus agar lebih lezat.

3. Kentang Rebus Sikunir


Berbeda dengan kentang goreng dieng, kentang rebus sikunir hanya bisa anda temui dan menikmatinya di obyek wisata Bukit Sikunir saat pagi hari hingga siang hari pukul 09:00 saja. Kentang rebus tidak sembarang direbus karena kentang yang rebus merupakan kentang kecil dengan olahan khas dari penduduk lereng Bukit Sikunir yaitu dimana kentang yang direbus merupakan kentang ukuran kecil dan uniknya kentangnya tidak dikupas sehingga akan menambah rasa yang khas. Kentang rebus sikunir ini direbus dengan bahan bahan seperti garam, bawang putih dan gula jawa, meskipun sederhana bumbunya akan tetapi untuk rasanya tak perlu diragukan lagi yaitu lezat, nikmat tiada duanya.

4. Sagon


Mungkin jarang terdengar bagi wisatawan nama makanan sagon, ya sagon merupakan makanan yang sudah mulai langka karena tergerus oleh zaman. Bukan berarti karena sudah tergerus oleh zaman rasanya jadi tidak enak, sagon yang terbuat dari bahan dasar sagu ini memiliki cita rasa yang begitu lezat. Sagon ini memiliki aroma yang begitu khas karena parutan kelapa yang dicampur dengan sagu, tidak itu saja cara membuatnya tidak seperti memasak pada umumnya karena sagu akan dibakar menggunakan panas bara api atas maupun bawah sehingga si penjual sagon tidak perlu membolak balikan sagon karena otomatis sudah matang dengan sempurna. Varian rasa sagon sekarang sudah bermacam – macam yang dulunya hanya original dan diberi gula sekarang sudah ada rasa coklat, stroberi hingga meses. Untuk menemukan sagu anda bisa mencari di warung – warung kecil di obyek wisata Kawah Sikidang, disitu ada beberapa yang menjual sagon tentu karena harus hangat maka cukup menunggu 5 menit sagon sudah jadi.

5. Mie Ongklok


Siapa yang tidak kenal dengan nama makanan yang satu ini yaitu Mie ongklok, sebagian besar wisatawan yang datang ke dieng selalu menyempatkan waktunya untuk menikmati mie ongklok yang khas ini. Mie ongklok terbuat dari mie kuning yang direbus bersama dengan potongan sayuran seperti kol dan kucai ini akan terasa lezat dan khas karena disiram menggunakan kuah yang begitu kental terbuat dari tepung kanji yang disebut dengan loh. Taburan bawang goreng dan tahu akan membuat mie ongklok enak untuk di makan bersama makanan pendamping berupa sate sapi dan tempe kemul. Tidak sulit untuk mencari makanan khas mie ongklok yang satu ini karena hampir di dieng terdapat warung yang menjajakan mie ongklok, tetapi jika anda ingin mengunjungi mie ongklok yang khas anda bisa memilih Mie Ongklok Longkrang yang berada dikota Wonosobo.

Itulah beberapa makanan yang patut anda coba ketika anda berwisata alam ke dieng, suhu yang begitu rendah sehingga dingin akan menjadi teman sejati anda maka persiapkan dengan betul apa yang harus anda bawa salah satu nya tempat makan yang khas yang bisa anda kunjungi. Apabila anda tidak mau repot maka anda hanya cukup menghubungi kami sebagai agen wisata yang akan mempersiapkan akomodasi anda sebagai pelanggan kami dan tak lupa anda akan kami ajak mencoba makanan yang khas dari dieng.
5 Makanan Khas Dieng Wonosobo Patut di Coba 5 Makanan Khas Dieng Wonosobo Patut di Coba Reviewed by Pemandu Wisata Dieng (HPI) on July 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.